Inilah Latihan KOPASSUS Yg Di Sebut Media Inggris ,Sangat MENGERIKAN..!!!


Kopassus, Komando Pasukan Khusus. adalah Branch Special Forces yang bermatra pada TNI Angkatan Darat, Kopassus terdiri dari 2 Grup Berseragam. Grup 1 di Jakarta, Grup 2 di Solo, ditambah Grup 3 Sandi Yudha (blue jeans) dan Sat 81 Gultor.

Mantan Kepala Staf TNI AD Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo membeberkan pengalamannya saat mengikuti latihan Komando Kopassus. Pramono menuliskannya dalam buku Pramono Edhie Wibowo dan Cetak Biru Indonesia ke Depan yang diterbitkan QailQita Publishing tahun 2014. Beliau mengatakan, “Hanya mereka yang memiliki mental baja yang mampu melalui pelatihan komando. Peserta yang gagal akan dikembalikan ke kesatuan Awal untuk kembali bertugas sebagai Prajurit biasa,” pungkas mantan Danjen Kopassus ini.

Bagaimanakan Perekrutan Anggota Kopassus? apa saja Syaratnya? Seorang prajurit yang bisa diterima Kopassus harus bisa berlari 12 menit dengan jarak tempuh minimal 2.800 meter, Lalu pull up 15 kali, push up 40 kali minimal dalam satu menit, sit up 40 kali minimal dalam satu menit, renang dasar 50 meter dan tidak takut ketinggian lebih dari 15 meter.



Ada beberapa tahapan yang mesti dilalui bagi warga negara Republik Indonesia untuk menjadi prajurit Kopassus, Secara umum harus lulus pendidikan pembentukan sesuai tingkatan. Mulai dari Secata (Sekolah Calon Tamtama), Secaba (Sekolah Calon Bintara). Setelah lolos dari saringan penerimaan, mereka melanjutkan ke tahap pendidikan kecabangan, pendidikan para dasar, latihan komando 7 bulan. Pelatihan 7 bulan akan berakhir dengan pembaretan di Nusakambangan. Setelah di satuan akan ditambahkan dengan materi spesialisasi dasar.

Bagi yang melewati pintu masuk dari Sepa PK dan Akademi Militer, pendidikan para dan komando baru dilakukan setelah dilantik sebagai perwira. Pendidikan komando bertujuan untuk mendidik dan mengembangkan kemampuan shg mampu secara individu dan kelompok melaksanakan operasi komando. Dalam proses rekrutmen, Kopassus menerapkan standar di atas rata-rata. Dar postur tubuh saja, minimal 168 sentimeter, Penerapan standar tinggi ini tentu dengan maksud untuk mendapatkan sosok prajurit yang tangguh dan berwibawa. Dari semua tahapan pendidikan di atas, materi komando diakui paling berat namun justru dari sinilah awalnya pembentukan prajurit individu seperti yang dibutuhkan Kopassus sebagai komando tempur

Baca Juga:Inilah TONTAIPUR Pasukan JAHANAM TNI yg Mematikan dan Jarang Diekspose..!!

Waktu pendidikan 20 minggu. Periode dibagi atas Latihan Dasar Komando (10 minggu), Gunung&Hutan (6 minggu) dan Pendaratan Laut ( 6minggu). Dalam ketiga tahapan ini, siswa komando menerima 63 materi pelajaran seperti teknik tempur, baca peta, pionir, patroli, survival, naik gunung serta pendaratan dengan kapal motor dan pendaratan amfibi. Paket ini masih dipertahankan hingga hari ini. Pendidikan komando diakhiri di Nusakambangan.

Sebelum acara pembaretan, selalu diadakan demo penutup dari siswa komando yang disaksikan para undangan dan keluarga siswa. Kopassus menyebut demo saat matahari terbit ini dengan Seruko (Serangan Regu Komando). Setelah menyelesaikan pendidikan komando dan para dasar serta berhak menyandang brevet komando dan baret merah, saatnya berdinas dimulai.
Prajurit-prajurit baru itu disebar di Grup 1 dan 2. Di Grup, pada tahap awal mereka akan melaksanakan orientasi! Baru setelah itu dibawah pembinaan Grup, mereka menerima beberapa materi latihan untuk meningkatkan kemampuan, setidaknya memelihara kualifikasi yang sudah diperoleh, Tuntutan selama di Grup adalah setiap prajurit minimal harus mengikuti satu kali tugas operasi. Tuntutan ini adalah syarat mutlak apabila salah satu dari mereka dipromosikan ke Sat 81 atau Grup 3.



Pada masa menunggu sebelum tugas operasi turun, prajurit diberi pendidikan lanjutan di Sekolah Pertempuran Khusus (Sepursus). Sepursus diselenggarakan di Pusdik Passus, Batujajar. Kemampuan yang akan dikuasai ini sangat menunjang dalam operasi komando. karena beroperasi dalam tim-tim kecil dgn menerapkan teknik-teknik unconventional warfare, pertempuran yang dilakukan memang tidak keroyokkan! Perebutan, pengepungan, pencidukan, penyekatan atau penculikan tokoh musuh, adalah jenis pertempuran yang tidak sembarangan.

Materi-materi di Sepursus diarahkan kepada kebutuhan tugas. Meliputi Pertempuran Jarak Dekat, perang kota, gerilya lawan gerilya, Meliputi PJD (Pertepuran Jarak Dekat), perang kota, gerilya lawan gerilya, selam militer dan antiteror, Selain Sepursus, prajurit juga diharuskan mengikuti pendidikan spesialisasi. Jika Sepursus difokuskan untuk level kelompok tempur, maka pendidikan spesialisasi adalah kecakapan individu untuk mendukung kelompok tempur. Kopassus menggunakan istilah regu untuk kelompok tempur terkecilnya yang berkekuatan 10 orang.


Sumber:http://www.geloranusa.com/2016/04/gambaran-perekrutan-latihan-pendidikan_27.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Latihan KOPASSUS Yg Di Sebut Media Inggris ,Sangat MENGERIKAN..!!!"

Posting Komentar